Cari Blog Ini

Senin, 14 November 2016

TEKNOLOGI INFORMASI MANAJEMEN DATABASE

Berbicara tentang Manajemen Database, maka kita akan disuguhkan dengan data. Data sendiri merupakan sumber daya data organisasi yang vital dan perlu dikelola seperti aset penting lain nya. Kebanyakan organisasi tidak dapat hidup atau tidak akan sukses tanpa ada nya data internal (data dalam perusahaan) dan data eksternal (data luar yang perushaan dapat dari luar perusahaan) yang berkualitas.



1. Pengertian

Manajemen Database

Adalah salah satu bagian dari manajemen sumber daya data atau informasi yang mencakup semua kegiatan dan yang memastikan bahwasanya sumber daya informasi yang dihasilkan tersebut akurat, muktahir, aman, dapat dipercaya dan tersedia bagi pengguna yang membutuhkan.



Manajemen Sumber Data

Data merupakan bagian dari sumber daya data organisasi yang sangat vital dan perlu dikelola dan di organisir sedemikian rupa, seperti aset-aset penting dalam suatu perusahaan. Umumnya suatu organisasi tidak dapat sukses, maju dan berkembang tanpa adanya data (sumber) dari dalam dan luar dari organisasi itu sendiri. Dalam hal ini data internal dan data eksternal yang berkualitas sangat berperan bagi kemajuan organisasi.



2. Konsep Database
Database adalah suatu kumpulan atau kelompok computer yang terintegrasi, diorganisasikan dan disimpan dalam suatu cara untuk memudahkan pengambilan dan pengiriman kembali suatu data. Integrasi logis dari catatan – catatan dalam banyak file ini disebut konsep database.

Konsep dasar data didalam database dibagi dalam beberapa hirarki atau tingkatan data.


1) Character
Elemen atau unrus yang paling mendasar dalam sebuah database adalah Caracter (karakter). Suatu karakter dapat berupa huruf, angka, dan atau simbol lainnya.

2) Field
Sebuah field adalah sekelompok atau kumpulan dari karakter yang saling berhubungan dan berkaitan yang mewakili ciri atau karakteristik untuk mendefinisikan seseorang, tempat, atau suatu barang.

3) Record

Record adalah konsep dasar data yang terbentuk dari satu atau lebih field yang saling berhubungan satu sama lain antar satu baris data. Record dapat mendefinisikan seseorang, tempat atau barang.

4) File
File adalah gabungan atau kumpulan dari sekelompok record yang saling berhubungan dan membentuk sebuah tabel. File juga sering disebut dengan tabel.

5) Database
Database merupakan tingkatan yang paling besar dalam struktur konsep dasar data, karena database merupakan gabungan dari semua konsep data.
Database adalah gabungan atau kumpulan dari file atau tabel yang terhubung, terintegritas, dan terstruktur sedemikian rupa sehingga pencarian data dapatdilakukan dengan cepat dan mudah.

Gambar. Susuanan Data


3. Jenis File

a. File Induk (Master File)
Yaitu file yang digunakan untuk menyimpan data dari system informasi tertentu secara lengkap dan dipelihara secara teratur. File ini harus ada selama sistem hidup.
Ada 2 jenis tipe File Master :
    - Reference Master File, yaitu file yang berisi record yang tak berubah / jarang berubah.
      Contoh : berkas pelanggan yang berisi field nomor rekening, nama dan alamat.
    - Dynamic Master File, yaitu file yang berisi record yang terus-menerus berubah dalam
      kurun waktu tertentu atau berdasarkan suatu peristiwa transaksi. Contoh : berkas stok
      barang, dll.

b. File Transaksi
Yaitu file yang berisi informasi yang digunakan untuk memperbaharui file Master. Sehingga dengan adanya file transaksi ini, file master dapat berubah sesuai dengan informasi yang ada di file transaksi tersebut. File transaksi berfungsi untuk mencatat atau merekam data hasil transaksi selama satu periode di file master.

c. File Laporan
Yaitu file yang berisi data yang dibuat untuk laporan atau keperluan user, file ini hanya dapat dicetak atau diprint serta dapat hanya ditampilkan pada layar monitor.

d. File History
Yaitu file yang menyimpan data yang telah disimpan dalam bentuk suatu periode waktu tertentu yang telah lampau, biasanya digunakan untuk menyusun laporan yang bersifat tetap. File history ini sudah tidak aktif lagi, namun masih tetap disimpan sebagai arsip.

e. File Backup (File Cadangan)
Merupakan salinan dari file-file atau data yang masih aktif di dalam database pada suatu saat tertentu.



4. Jenis Database

a. Database Operasional
Database operasional dapat menyimpan data rinci yang dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis dan operasi dari suatu perusahaan. Database operasional juga disebut Sebagai Subject Area Database (SADB), database transaksi (transaction database), dan database produksi (production database). Contohnya adalah database pelanggan, database sumber daya manusia, database persediaan, dan database-database lainnya yang berisi data yang dihasilkan melalui operasi bisnis. 

b. Database Terdistribusi
Banyak organisasi menduplikasi dan mendistribusikan berbagai salinan atau bagian dari database ke server jaringan dalam berbagai situs. Database terdistribusi (distributed database) ini dapat bertempat dalam server jaringan di World Wide Web, di intranet dan ekstranet perusahaan, atau di jaringan perusahaan lain.

c. Database Analisis
Database ini dapat menyimpan data dan informasi yang di peroleh dari operasi yang dipilih dan database eksternal.


5. Struktur Database

a. Struktur Hirarkis

Struktur hirarkis membuat hubungan antar catatan membentuk hierarki atau struktur yang seperti pohon. Struktur ini digunakan pada hubungan 1 ke M (One to Manny).


b. Struktur Jaringan

Struktur jaringan dapat mewakili hubungan logis yang lebih rumit, dan masih digunakan oleh beberapa software mainframe DBMS. Struktur ini memungkinkan hubungan banyak-ke-banyak.


c. Struktur Relasional

Model relasional adalah model yang paling banyak digunakan dari ketiga struktur database ini. Model ini digunakan oleh kebanyakan software DBMS mikrokomputer, dan juga sistem skala menengah dan mainframe.


d. Struktur Multidimensi

Struktur database multidimensional adalah variasi dari model relasional yang menggunakan struktur multidimensional untuk mengatur data dan menyajikan hubungan antardata.


e. Struktur Berorientasi Object
Model database yang berorientasi pada objek dianggap merupakan salah satu dari teknologi penting dari generasi baru aplikasi multimedia berbasis Web.

f. Evaluasi Struktur Database
Struktur data hierarkis adalah midel natural untuk berbagai database yang digunakan untuk pemrosesan transaksi yang jenisnya rutin dan terstruktur, yang merupakan karateristik daribanyak operasi bisnis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar